Selasa, 27 Desember 2011

Sekilas Tentang Rektor UIN Maliki Malang






IMAM SUPRAYOGO TerlahirDi kota yang melahirkan Imam Suprayogo tentunya. Kota Imam Suprayogo itu bernama Trenggalek. Imam Suprayogo lahir pada tanggal 2 Januari 1951.

Imam Suprayogo adalah Rektor Abadi Institut Agama Islam Negeri(IAIN) atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN) atau universitas persahabatan Imam Suprayogo (UIPIS) Universitas Islam Imam Suprayogo (UIIS) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang yang baru baru ini dirubah lagi namanya oleh Imam Suprayogo menjadi Universitas Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI).

Imam Suprayogo merupakan Lulusan SDN Trenggalek (1964), SMPN Trenggalek (1967) dan SMAN Trenggalek (1970) Juga sekolah yang sempat disinggahi Imam Suprayogo. di kota kelahirannya ini adalah Imam Suprayogo yang katanya alumni Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang yang berhasil meraih gelar doktornya dari Universitas Airlangga Surabaya (1998) dalam bidang sosiologi.
Imam Suprayogo Sebelum menjabat di almamaternya, pernah menjadi Pembantu Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang (1983 – 1996) dan Wakil Direktur Pascasarjana UMM (1996).

Imam Suprayogo Suami dari Hj. Sumarti dan bapak dari Akhmad Farid Widodo, Hasan Akhmad Wirawan, Fuad Hasan Wicaksono dan Asmak Putri Kamila ini dikenal sebagai pakar dan ahli dalam pengembangan pendidikan islam, sehingga tercatat sebagai pemimpin pendidikan yang sangat cemerlang oleh MURI Indonesia (2006) dalam memimpin dunia pendidikan islam.
Imam Suprayogo Ketua Majlis Madrasah Terpadu Kota Malang ini sedang melakukan perubahan besar terhadap universitas yang dipimpinnya sejak menjadi STAIN, UIIS hingga menjadi UIN sekarang ini.

1 komentar: